Monday, August 18, 2014

Leuwi Hejo, Surga Kecil Yang Tersembunyi

Leuwi Hejo adalah sebuah kolam alami sedalam 2 - 2,5 meter yang dilengkapi dengan air terjun mini (Curug Bengkok). Airnya sangat jernih dan dingin.
Penulis Berpose
Terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Sekitar 1 Jam dari Sentul City.

Untuk sampai ke lokasi, kita sebaiknya menggunakan motor. Karena jalan yang tersedia cukup "hancur lebur" dan agak berbahaya jika menggunakan kendaraan roda empat atau lebih. Perjalanan memakan waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai di pos pertama (tempat parkir). Lalu kita harus berjalan kaki menelusuri sungai selama 30 menit, untuk sampai ke Leuwi Hejo.
Jembatan Pipa
Tempat ini baru diketahui segelintir orang. Sehingga belum ada pengelolaan dan fasilitas dalam bentuk apapun. Jadi bagi yang berminat mengunjungi Leuwi Hejo harus siap dengan berbagai resikonya.

Jika ingin berkunjung ke Leuwi Hejo sebaiknya tidak terlalu beramai-ramai, karena spotnya tidaklah besar. Idealnya menampung 6-8 orang. Lebih dari itu nuansa "rahasia" nya menjadi berkurang.
Semakin sedikit semakin baik
Kebetulan rumah orang tua saya cukup dekat dari lokasi, sekitar 30 menit. Jadi kalau ada yang berminat datang dan butuh bimbingan, jangan sungkan untuk bertanya ya.

Oiya, karena Leuwi Hejo belum menjadi destinasi wisata yang resmi. Anda harus ekstra hati-hati terutama dengan perubahan cuaca. Sebaiknya datang di pagi hari dan pulang di bawah pukul 14.00. Jika sejak hari sebelumnya turun hujan, sebaiknya diurungkan dulu niatnya.

Note : Warga lokal mengenalnya sebagai Curug Bengkok. Penamaan Leuwi Hejo itu sendiri hanya sekedar iseng dari kawan saya, lalu menjadi populer semenjak diposting di Kaskus.

18 comments:

  1. Mas bro.. Bisa lebih detail alamatnya dong ke leuwi hejo.. Ane dr depok om.. Makasih yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. via email yaa.. frisman.armando@gmail.com

      Delete
    2. om minta info route nya dong kl dr jakarta bagpackeran smp sana, rencananya bsk sy mo ke leuwi hejo. thanks

      Delete
  2. kemaren baru dari sana dan ga rugi, arnya jernih bgt! biru malah. cuma sayang jalanan nya kurangmemadai, temen ane naik mobil sedan sempet slip mobilnya, karna jalan yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu, naik lagi ke atas. Lebih cantik lagi lhoo.

      Delete
  3. Mantab Bro.. Setelah dapet berita di Detik.com saya langsung meluncur siangnya karena saya tinggal tdk jauh dari lokasi saya tinggal di Ds. Citaringgul Babakan Madang. Amat menakjubkan walaupun traknya lumayan susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jangan-jangan kita tetangga nih. Hahaha.
      Saya tinggal di Madang Kaum, deket Perum Griya Alam.
      Next time ngetrip bareng ya.

      Delete
  4. Siap Bang. Sabtu, 27/9/2014 saya abis dari Curug Barong, Minggunya 28/9/2014 dari Goa Godawang.
    Ajib tempatnya..

    ReplyDelete
  5. kasih info jalur'y donk masbro.. hatur nuhun!!

    ReplyDelete
  6. bro,... aksesnya lewat mana nih..???
    ane orang citeureup mau ksana.

    ReplyDelete
  7. Mas detail lokasi lengkapnya dimana yak ? kalo dari depan sirkuit sentul ? thankss

    ReplyDelete
  8. Mas detail lokasi lengkapnya dimana yak ? kalo dari depan sirkuit sentul ? thankss

    ReplyDelete
  9. Mas mau tanya ni alamat lengkapnya dimana ya??
    soalnya saya mau kesana sama teman2 hhee.
    Thanks

    ReplyDelete
  10. dear ms ulfa,
    via email saja ya : frisman.armando@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Mas boleh minta alamat lengkap si curug leuwi hejo ini? Rencana tgl 3 mau kesana sm temen2 ...

    ReplyDelete
  12. mas mau nanya, kalo kesini ada transportasi umum gak yah? rencana saya akan berangkat dari stasiun bogor. thx sebelumnya

    ReplyDelete
  13. Akses untuk transport umum gimana ya? Mau solo travel juga, memungkinkan ga ya? Mohon bantuan nya 🙇 Viediron3015@gmail.com

    ReplyDelete